Jumat, 18 Juni 2010

DATA SASARAN dan POTENSI PROGRAM PNFI NTB TAHUN 2009

Data sasaran PNF dijadikan pijakan pertama, data ini berguna untuk menghitung jumlah angka partisifasi kasar yang merupakan garapan bidang PNF. Dengan demikian, data sasaran dapat menjadi indikator ketercapaian program dalam kurun waktu tertentu, misalnya 5 tahun.


Data sasaran juga menunjukkan jumlah sasaran PNF dikelompokkan berdasarkan usia mulai dari 0 – 60 tahun, jumlah pengangguran usia 15 -35 tahun, dan jumlah penduduk buta aksara mulai dari usia 15 – 60 tahun.

Data yang digolongkan berdasarkan kelompok usia ini potensial untuk berbagai program Pendidikan Non Formal. Selanjutnya dapat didistribusi sesuai dengan kelompok usia, jenis, dan karakter peserta didik.





Prediksi Program Berdasarkan Usia Sasaran

Agar lebih detail, berikut ini ditampilkan grafik persentase jumlah penduduk berdasarkan kelompok usia sasaran di Provinsi NTB
Grafik persentase Jumlah Penduduk Berdasarkan Kelompok Usia Sasaran PNF di Provinsi NTB

Sebagaimana table dan grafik di atas, jumlah penduduk berdasarkan kelompok usia sasaran PNF di NTB sebanyak 3.199.485 orang yang terdiri dari 3 kelompok utama yaitu jumlah kelompok usia sasaran PNF, jumlah pengangguran, dan jumlah sasaran buta aksara.

Kelompok sasaran yang paling kecil adalah kelompok usia 60 tahun ke atas yaitu 3%. Sedangkan yang lainnya berkisar antara 7% sampai dengan 10% yaitu kelompok usia 15-24 tahun. Grafik ini menunjukkan bahwa semua kelompok sasaran penyebarannya relative merata kecuali 60 tahun ke atas.

Dalam hal ini PNF di wilayah regional VII tidak dapat menentukan prioritas sasaran, karena itu semua jenis program potensial untuk dikembangkan. Justru sebaliknya, bahwa usia 60 tahun ke atas tidak dapat diabaikan, karena jika bermaksud menyelaraskan dengan program Gubernur NTB, maka sasaran ini juga perlu mendapatkan perlakuan khusus terutama dalam program penuntasan buta aksara.


Data-data sasaran tersebut dapat didistribusikan ke berbagai program PNF yang relevan sesuai dengan kelompok usia. Selanjutnya setelah didistribusikan, maka dapat diprediksi jumlah lembaga yang seimbang yang dapat mengakomodir kelompok sasaran. Demikian pula dengan jumlah tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan dana yang diperlukan.


Mengacu kepada jumlah sasaran yaitu sebanyak 5.517.482 orang, diprediksi jumlah lembaga yang dapat mengakomodir mereka adalah sebanyak 544.024 lembaga dan lembaga tersebut dikelola oleh 639.917 orang dengan jumlah pendidik sebanyak 975.544 orang. Selanjutnya dapat diprediksi jumlah anggaran yang ideal yaitu sebesar Rp.16.849.894.403180 untuk membiayai operasional lembaga dengan jumlah sasaran sebagaimana di atas. Selengkapnya dapat dibaca pada table A.2 halaman berikutnya.



Potensi Jenis Program Sebagai Jalur Distribusi Sasaran PNF

Data-data sasaran tersebut dapat didistribusikan ke berbagai program PNF yang relevan sesuai dengan kelompok usia. Selanjutnya setelah didistribusikan, maka dapat diprediksi jumlah lembaga yang seimbang yang dapat mengakomodir kelompok sasaran. Demikian pula dengan jumlah tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan dana yang diperlukan.



Mengacu kepada jumlah sasaran yaitu sebanyak 5.517.482 orang, diprediksi jumlah lembaga yang dapat mengakomodir mereka adalah sebanyak 544.024 lembaga dan lembaga tersebut dikelola oleh 639.917 orang dengan jumlah pendidik sebanyak 975.544 orang. Selanjutnya dapat diprediksi jumlah anggaran yang ideal yaitu sebesar Rp.16.849.894.403180 untuk membiayai operasional lembaga dengan jumlah sasaran sebagaimana di atas. Selengkapnya dapat dibaca pada table berikut.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar