Jumat, 18 Juni 2010

RAGAM DATA PNFI NTB 2009


Data adalah informasi, namun data tersebut dapat bermakna dan dapat menjadi informasi penting apabila dioah baik secara quantitative dan qualitative, dideskripsikan, kemudian disajikan dan dipublikasikan sehingga menjadi bentuk informasi yang mudah dipahami oleh pengguna data. Lebih jauh, data akan mewarnai system informasi dalam kegiatan managemen sebuah lembaga.

Pada prinsifnya, dalam mengorganisasikan sebuah lembaga mencakup kegiatan-kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Akan tetapi, prinsif management tersebut semestinya dilandasi oleh data yang valid dan reliable sehingga kebijakan menjadi accountable, objective, dan tidak bias karena unsur subyektivitas.

Deskrifsi di atas mengacu kepada System Informasi Management yang berbasis kepada data base. Pada akhirnya profesionalisme management dapat diwujudkan, bukan menjadi trend globalisasi teknologi informasi, akan tetapi cermin terhadap sebuah system yang applicable. Demikian pula dengan management Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI), dengan data yang baik, PNFI bukan lagi menjadi bagian yang marginal, akan tetapi terakomodir menjadi bagian dan komponen system pendidikan nasional.

Sadar atau tidak, pernyataan di atas bukan retoris, bukan teori, dan bukan trend semata, akan tetapi perlu disadari bahwa data memegang peranan penting dan menjadi komponen management organisasi. Dengan demikian publikasi data baik secara electronic di internet ataupun publikasi data tercetak sangat penting dilakukan.


B. RAGAM DATA


Buku data Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Balai Pengembangan Kegiatan Belajar Masyarakat Nusa Tenggara Barat tahun 2009 ini mempublikasikan 1) data sasaran, 2) data kelembagaan yang meliputi lembaga, program dan peserta didik, dan 3) data Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal dan Informal (PTK-PNFI) berbasis SIM NUPTK.

Data Sasaran PNFI meliputi;

1. Data Sasaran PNFI Provinsi Nusa Tenggara Barat

2. Data Siswa Putus Sekolah Tingkat SD/MI

3. Data Siswa Putus Sekolah Tingkat SMP/MTs.

4. Data Siswa Putus Sekolah Tingkat SMA/MA.

5. Data Jumlah Pendidik Pendidikan Nonformal.

6. Data Jumlah Tenaga Kependidikan PNF.

7. Data Jumlah Lembaga Penyelenggara Program PNFI.

8. Data Peserta Didik Program PNFI.



Data Kelembagaan PNFI 

1. Lembaga penyelenggaran program PNF,

2. Peserta didik,

3. Pendidik,

4. Tenaga pendidik,

5. Sarana dan prasarana umum yang dimiliki oleh lembaga PNFI,

6. Sarana dan prasarana penunjang program PNFI,

7. Lembaga penyelenggara program kursus.



Data PTK-PNFI Berbasis SIM NUPTK

Tenaga Pendidik pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) yang terdiri dari Pamong Belajar, Tutor Pendidikan Kesetaraan dan Kesetaraan, Pendidik PAUD, Fasilitator Desa Intensif (FDI), Instruktur kursus, dan Nara Sumber Teknis (NST).

Sedangkan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) yang terdiri dari Penilik, Tenaga Lapangan Dinas (TLD), Administrator, Pustakawan, dan Laboran. Pengelola/Penyelenggara; Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Kursus, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), dan sebagainya.

Berikut ini adalah data-data PTK-PNFI Berbasis SIM NUPTK

1. Rekap Jumlah PTK-PNFI Provinsi NTB sd. Desember 2009 Berdasarkan Kelompok Tugas

2. Rekap PTK-PNFI Berdasarkan Jenis Kelamin

3. Rekap PTK-PNFI Berdasarkan Agama

4. Rekap Pengusulan NUPTK sd. Desember 2009

5. Rekap Kuota Penerimaan Insentif PTK-PNFI Tahun 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar